You are currently viewing Topeng Malangan, Jadi Bahan Projek Kearifan Lokal

Topeng Malangan, Jadi Bahan Projek Kearifan Lokal

Malang, 27 Februari 2023 – Memasuki pekan terakhir di bulan Februari, SMP Negeri 9 Malang kembali mengadakan pekan khusus untuk melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dalam kurun waktu satu minggu kedepan, peserta didik kelas 7 akan melaksanakan serangkaian kegiatan untuk menyelesaikan projek dengan tema Kearifan Lokal. Tepat pada hari ini, para peserta didik memulai kegiatan projek dengan mengenali salah satu budaya asli dari Kota Malang yaitu Topeng Malangan.

Pada pertemuan projek tema kearifan lokal kali ini, peserta didik diajak untuk menyaksikan beberapa video terkait topeng malangan yang telah disediakan oleh bapak dan ibu guru fasilitator. Kegiatan tersebut dilaksanakan di kelas masing-masing dengan didampingi oleh bapak dan ibu guru fasilitator. Setelah menyaksikan beberapa video tersebut, para peserta didik yang telah terbentuk menjadi beberapa kelompok mulai melakukan diskusi dan kerja projek untuk membuat peta konsep pada selembar kertas besar.

Peta konsep yang harus dibuat oleh peserta didik telah dijelaskan pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang telah disediakan dimana harus berisikan pengertian topeng malangan, jenis topeng malangan, sejarah topeng malangan, filosofi topeng malangan, fungsi topeng malangan, serta ciri khas topeng malangan. Semua unsur topeng malangan tersebut harus tertuang di dalam LKPD dan peserta didik dihimbau untuk membuat sekreatif mungkin bersama kelompoknya masing-masing.

Seluruh peserta didik kelas 7 tampak antusias ketika melakukan diskusi bersama kelompoknya. Beberapa peta konsep yang telah dibuat oleh peserta didik tampak sangat bagus dan terkesan menarik. Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta didik dapat mengenali lebih jauh tentang budaya Kota Malang yang wajib dilestarikan. Selain itu, banyak sekali dampak positif yang dapat dihasilkan dari kegiatan projek seperti yang telah dilakukan seperti meningkatkan kreatifitas, mempererat tali persaudaraan dengan anggota kelompok, dan berbagai dampak positif lainnya.

Leave a Reply