Visi Sekolah

“TERWUJUDNYA INSAN YANG BERTAQWA, BERKARAKTER,  DAN BERDAYA SAING TINGGI”

INDIKATOR :

VISI INDIKATOR
Bertaqwa
  1. Meningkatkan pembinaan pengalaman nilai-nilai Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang  Maha Esa
  2. Berperilaku sesuai norma-norma agama yang berlaku di masyarakat
  3. Saling tolong menolong
  4. Ibadah sholat berjamaah dan kegiatan keagamaan meningkat
Berkarakter
  1. Memiliki sifat dan kepribadian yang baik
  2. Tidak mementingkan diri sendiri
  3. Bertanggungjawab terhadap setiap maslah  yang diberikan
  4. Hidup saling bergotong royong
  5. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sehat, asri dan nyaman
Berdaya Saing Tinggi
  1. Mengembangkan sumber daya manusia melalui penguasaan IPTEK
  2. Pengembangan sarana dan prasarana yang mendukung
  3. Terselenggaranya kegiatan pembelajaran yang berhasil guna dan berdaya guna
  4. Menumbuhkembangkan kesadaran warga sekolah akan pentingnya kelestarian alam

 

Misi Sekolah

Untuk mewujudkan visi sekolah, SMP Negri 9 Malang menetapkan misi sekolah sebagai berikut :

  1. Memiliki akhlak mulia sesuai norma agama, sifat tanggung jawab, dan gotong royong
  2. Menciptakan  Lingkungan Sekolah yang Clean,  Green dan Health
  3. Mengembangkan bidang akademik dan non akademik serta melestarikan budaya daerah
  4. Mewujudkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berdasar konsep Manajemen Berbasis Sekolah
  5. Mengembangkan  Penguasaan Ilmu Pengetahuan  dan Teknologi melalui 4 Pilar Pendidikan (Learning to know,  learning to be,  learning to do dan learning to live together)

TUJUAN SEKOLAH :

  1. Standar SKL

a) Tercapainya rata-rata Nilai Ujian Nasional minimal 8,00

b) Teraih 10 kejuaraab bidang akademis dan 15 kejuaraan bidang non akademis tingkat kota

c) Teraih  5  kejuaraab  bidang  akademis  dan  5  kejuaraan  bidang  non  akademis  tingkat  regional  dan nasional

d) Terbekalinya siswa untuk mengembangkan minat, bakat dan prestasi melalui kegiatan ekstrakurikuler dan bina prestasi

2. Standar Isi

a) Terwujud kurikulum yang bermuatan ketrampilan abad 21, literasi, berkarakter dan peduli lingkungan

b) Terwujud pengembangan silabus untuk semua mapel

c) Terwujud pengembangan RPP yang inovatif dan kolaboratifuntuk semua mapel

3. Standar Proses

a) Terlaksana proses pembelajaran bermuatan ketrampilan abad 21, literasi, berkarakter, dan peduli lingkungan

b) Terwujud proses pembelajaran dengan media yang inovatif

c) Terwujud layanan bimbingan dan konseling secara optimal

d) Terwujud pemahaman prinsip dasar intemet/intranet siswa dan menggunakannya untuk memperoleh informasi dan menyajikan informasi dengan memperhatikan etika dan undang-undang yang berlaku

4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

a) Terwujud pendidik dan tenaga kependidikan yang professional

b) Terwujud kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dengan optimal

c) Terwujudnya pendidik dan tenaga kependidikan yang kreatif, inovatif, dan berprestasi

5. Standar Sarana dan Prasarana

a) Terwujud ruang belajar, ruang terbuka hijau, dan fasilitas pembelajaran sesuai rombel dan standar sarana dan prasarana pendidikan

b) Terpeliharanya sarana dan prasarana pendidikan dengan baik

6. Standar Pengelolaan

a) Terpenubi standar pengelolaan I manajemen yang transparan, akuntabel, dan berkesinambungan

b) Terpenuhi standar manajemen berakreditasi nasional

7. Standar Pembiayaan

a) Terwujud peningkatan sumber dana

b) Terlaksana penggunaan dana yang proposional dan transparan

c) Terwujud pelaporan penggunaan dana yang akuntabel

8. Standar Penilaian

a) Terlaksana penilaian autentik secara berkesinambungan

b) Terlaksana penilaian berbasis IT

c) Terlaksana program perbaikan dan pengayaan secara optimal