You are currently viewing Wirajatama Bersholawat Menyambut Isra Miraj

Wirajatama Bersholawat Menyambut Isra Miraj

Malang, 17 Februari 2023 ­– Hari ini SMP Negeri 9 Malang menggemakan sholawat di lapangan sekolah dalam rangka menyambut Isra Miraj Nabi Muhammad SAW Tahun 2023 / 1444 H. Kegiatan tersebut dilaksanakan pagi hari sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran. Susunan acara Isra Miraj pagi ini adalah penampilan ekstrakurikuler Banjari bersama Badan Dakwah Islam SMP Negeri 9 Malang. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan yakni Bapak Rudy Santosa, S.Pd. Kemudian dilanjutkan tausiah oleh Wakil Kepala Urusan Humas Bapak Muhammad Toha Burhani, S.Pd sekaligus ditutup doa.

Isra Miraj adalah dua bagian perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa inilah Muhammad mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam. Beberapa penggambaran tentang kejadian ini dapat dilihat di surah ke-17 di Al-Qur’an, yaitu Surah Al-Isra. Menurut tradisi, perjalanan ini dikaitkan dengan Lailat al-Mi’raj, sebagai salah satu tanggal paling penting dalam kalender Islam.

Bagi umat Islam, peristiwa tersebut merupakan peristiwa yang berharga, karena ketika inilah salat lima waktu diwajibkan, dan tidak ada nabi lain yang mendapat perjalanan sampai ke Sidratulmuntaha seperti ini. Walaupun begitu, peristiwa ini juga dikatakan memuat berbagai macam hal yang membuat Muhammad sebagai rasul islam tidak merasa sedih lagi karena ditinggal istri dan pamannya.

Seluruh warga sekolah sangat antusias mengikuti kegiatan bersholawat bersama di lapangan sekolah. Dengan harapan, SMP Negeri 9 Malang mendapatkan berkah sholawat dan menjadi lebih manfaat, barokah, serta maslahat untuk warga sekolah dan masyarakat sekitar.

Leave a Reply