You are currently viewing 1 April, Hari Istimewa Untuk Kota Malang dan SMP Negeri 9 Malang

1 April, Hari Istimewa Untuk Kota Malang dan SMP Negeri 9 Malang

Malang, 1 April 2023 ­– Tepat pada hari ini, yakni tanggal 1 April merupakan hari yang sangat istimewa untuk Kota Malang dan juga SMP Negeri 9 Malang. Pada tanggal tersebut, Kota Malang dan juga SMP Negeri 9 Malang memperingati hari ulang tahun dimana Kota Malang telah menginjak usia 109 tahun dan SMP Negeri 9 Malang menginjak usia 44 tahun. Benar-benar hari yang istimewa karena pada tahun ini Hari Ulang Tahun tersebut bertepatan di bulan suci Ramadhan tahun ini.

Dikutip dari website malangkota.go.id, Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-109 Kota Malang yang diperingati setiap tanggal 1 April, para seniman dan budayawan Kota Malang menggelar tumpengan dan doa bersama di Alun-Alun Tugu, Jumat tengah malam (31/3/2023). Usai prosesi acara, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengatakan bahwa gelaran ini untuk nguri-nguri budaya atau sebagai langkah untuk menjaga seni tradisi, sehingga keberagaman dan toleransi tetap terawat serta dapat terus dikuatkan.

Dipilihnya Alun-Alun Tugu di depan Balai Kota Malang sebagai tempat acara ini karena Monumen Tugu ini menjadi bagian penting sejarah berdirinya Kota Malang. “Tugu ini ada sebelum berdirinya Tugu Monas yang di Jakarta, dan tidak banyak daerah yang memiliki tugu seperti ini,” beber pria berkacamata itu. Ditambahkan Sutiaji, tugu ini juga sebagai simbol bagaimana tegak lurusnya sebuah pendirian. Siapapun yang memimpin Kota Malang harus mempunyai pendirian atau sikap yang kuat serta tegak lurus. “Dalam konteks ini yaitu dalam rangka mewujudkan masyarakat yang rukun, adil dan makmur,” jelasnya.

Sedangkan SMP Negeri 9 Malang akan mengadakan serangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun sekolah yang ke-44 tahun dijadwalkan pada pertengahan bulan Mei sampai awal bulan Juni. Beberapa kegiatan tersebut meliputi lomba-lomba antar kelas, pencarian bakat dan minat, karnaval, hingga acara puncak yang nantinya akan dihadiri oleh bintang tamu lokal asli Kota Malang yang turut serta memeriahkan acara puncak HUT SMP Negeri 9 Malang, Nantikan semua keseruannya.

Leave a Reply