You are currently viewing Deklarasi Membawa Tumbler dan Kotak Makan Dalam Rangka Peringatan HPSN

Deklarasi Membawa Tumbler dan Kotak Makan Dalam Rangka Peringatan HPSN

Senin, 6 Februari 2023 – Para peserta didik SMP Negeri 9 Malang menggaungkan Deklarasi Membawa Tumbler dan Kotak Makan Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan SMP Negeri 9 Malang. Seluruh siswa serentak membawa tumbler sebagai wadah minum pribadi dan Kotak Makan sebagai wadah jajanan atau makanan peserta didik.

Kegiatan tersebut sekaligus sebagai bentuk aksi nyata dalam menyelaraskan identitas sekolah menuju Adiwiyata Mandiri. Pada dasarnya, adiwiyata menuntut sekolah untuk lebih peduli dan memperhatikan lingkungan sekolah dari bahaya pencemaran sampah. Sehingga dengan adanya kegiatan deklarasi tersebut diharapkan mampu mengurangi penggunaan plastik di lingkungan sekolah sekaligus meminimalisir munculnya sampah plastik.

Keberadaan sampah plastik harus diakui tidak dapat terhindarkan, hampir di setiap penjuru lingkungan sekitar kita. Jika dicermati, saat ini berbagai produk plastik terdapat kode-kode tertentu. Kode menyatakan jenis plastik yang membentuk material, sehingga mempermudah untuk mendaur ulang.

Contohnya adalah kode segitiga 3 R dengan angka di tengah-tengahnya. Angka menunjukkan jenis plastiknya dan kadang pula diikuti dengan singkatan, seperti: PET (Polietilena Tereftalat), HDPE (High Densy Polyethylene) atau Polietilena berdensitas tinggi, PVC (Polivinil Klorid), LDPE (Low Density Polyethylene) atau Polietilena berdensitas rendah, PP (Polipropilena), PS (Polistirena).

Semakin bertambahnya tingkat konsumsi siswa, maka akan semakin bertambah pula sampah plastik yang dihasilkan. Wajar jika kemudian menjadi permasalahan lingkungan yang serius. Maka karena itu, siswa diperbolehkan untuk memakai bahan plastik yang bisa digunakan berulang-ulang, tidak hanya digunakan sekali pakai.

FOTO KEGIATAN HPSN

Leave a Reply