You are currently viewing Projek Suara Demokrasi, Gelar Pemilihan Ketua Kelas Serentak

Projek Suara Demokrasi, Gelar Pemilihan Ketua Kelas Serentak

Malang, 26 Januari 2023 – Tepat pada hari ini, SMP Negeri 9 Malang mengadakan pemilihan ketua kelas secara serentak untuk semua kelas 7. Kegiatan tersebut selain untuk menemukan ketua kelas yang baru, juga bertujuan untuk implementasi kurikulum merdeka berupa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Tema P5 kali ini adalah tentang suara demokrasi.

Dalam pelaksanaannya, setiap kelas tidak semata-mata langsung memilih dan menentukan ketua kelas baru. Namun peserta didik diajarkan bagaimana menjalankan pesta demokrasi layaknya pemilihan umum yang nantinya mereka akan mengalaminya ketika sudah terjun ke masyarakat. Kegiatan pemilihan ketua kelas dijadwalkan oleh seluruh fasilitator projek dengan sistematis, mulai dari kegiatan perencanaan, pemilihan kandidat, persiapan alat dan bahan pemilihan, hingga pameran ketua kelas terpilih akan dilakukan oleh seluruh peserta didik kelas 7.

Masing-masing kelas akan dibimbing untuk menjalankan pemilihan ketua kelas sesuai prosedur demokrasi dengan memerhatikan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (Luber Jurdil). Maka dari itu, disusunlah panitia pemilihan ketua kelas di masing-masing kelas untuk bertanggungjawab terhadap jalannya kegiatan pemilihan ketua kelas tersebut.

Kegiatan pemungutan suara hari ini akan dilanjutkan dengan pameran ketua kelas terpilih yang akan diadakan esok hari yakni Jumat, 27 Januari 2023. Masing-masing kelas dihimbau untuk membuat hasil karya berupa majalah dinding (mading) yang berisikan tentang semua hasil kerja kelas dalam melaksanakan pemilihan ketua kelas mulai dari susunan panitia, kandidat calon ketua kelas, hasil perhitungan, peralatan yang digunakan, dan lain sebagainya.

Leave a Reply