You are currently viewing Belajar Berwisausaha Di Kegiatan Projek P5

Belajar Berwisausaha Di Kegiatan Projek P5

Malang, 2 November 2023 – Dalam perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini, inovasi sangat perlu dilakukan untuk mengembangkan dan meningkatkan daya saing, terutama di bidang ekonomi. Pembaharuan teknologi yang ada saat ini dapat membantu mengingkatkan mutu di bidang ekonomi seperti dalam hal kewirausahaan. Topik Kewirausahaan perlu untuk dibahas lebih jauh untuk meningkatkan pemahaman khususnya bagi peserta didik. Oleh sebab itu topik Kewirausahaan diangkat kembali dalam bentuk kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMPN 9 Malang.

Pelaksanaan projek ini melibatkan peran serta wali murid yang memiliki pengalaman berwirausaha. Kegiatan pengenalan projek bertema kewirausahaan ini dikemas dalam bentuk Talkshow. Kegiatan talkshow dibuat untuk mewadahi peserta didik dalam mengembangkan inovasi yang akan dilakukan sebagai aksi nyata dari pengaplikasian projek ini. Puncak kegiatan Projek (P5) dilaksanakan pada (Jum’at 3/11/2023) di Lapangan Sahabat Bumi SMPN 9 Malang. Banyak kreasi yang ditampilkan seperti tarian dan kreasi makanan dengan bahan dasar ubi. Peserta didik sangat antusias melaksanakan kegiatan ini, karena kegiatan seperti ini dapat meumbuhkan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik. Dalam upaya mewadahi ide-ide yang dimiliki peserta didik, sehingga terciptanya puncak kegiatan P5 bertema Kewirausahaan.

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Pengawas SMP Negeri 9 Malang yaitu Ibu Ruby, S.Pd, dan dilanjutkan oleh sambutan Bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Malang yaitu Bapak Joni Sutaryono, S,Pd.,M.MPd. Kegiatan dimulai dengan penampilan menari kreasi dari perwakilan siswi kelas 8. Peserta didik dan guru pendamping berkeliling, melihatm dan mengapresiasi hasil karya yang telah dibuat oleh peserta didik tersebut. Kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan setiap tahunnya dan melakukan inovasi yang lebih kreatif untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada kegiatan sebelumnya.

Leave a Reply