You are currently viewing Ujian Di Awal Ramadhan Bagi Seluruh Peserta Didik

Ujian Di Awal Ramadhan Bagi Seluruh Peserta Didik

Malang, 27 Maret 2023 – Setelah melewati agenda libur awal puasa selama beberapa hari, peserta didik SMP Negeri 9 Malang langsung menghadapi ujian yang diadakan oleh sekolah selama satu minggu kedepan. Ujian tersebut dilaksanakan serentak untuk semua jenjang yakni kelas 7 melaksanakan penilaian Pra-sumatif Genap, kelas 8 melaksanakan Penilaian Tengah Semester Genap, dan kelas 9 melaksanakan Penilaian Akhir Tahun. Pelaksanaan ujian tersebut dilaksanakan selama dua shift yakni shift pagi untuk kelas 9 dan shift siang untuk kelas 7 dan 8.

Meskipun dilaksanakan di bulan Ramadhan, diharapkan tidak mengurangi antusiasme dan semangat para peserta didik dalam menempuh ujian tersebut. Pelaksanaan ujian dilakukan secara daring menggunakan smartphone masing-masing peserta didik. Meskipun pelaksanaannya secara daring, peserta didik tetap harus datang ke sekolah untuk mengikuti ujian sesuai dengan jadwal shift dan mata pelajaran yang telah ditentukan oleh panitia ujian sekolah tersebut.

SMP Negeri 9 Malang sudah dua kali ini melaksanakan ujian sekolah secara daring berbasis website. Dimana semua aktivitas peserta didik dalam melaksanakan ujian seperti checklist daftar hadir, mengisi biodata, mengerjakan soal ujian, sampai membuka kunci pelanggaran dilakukan secara daring. Kunci pelanggaran merupakan sebuah punishment bagi para peserta didik yang dengan sengaja membuka aplikasi lain atau halaman lain selain halaman soal ujian. Ketika peserta didik mencoba untuk membuka aplikasi lain atau halaman lain, maka soal ujian akan otomatis terkunci dan tidak dapat dibuka kembali sebelum peserta didik yang bersangkutan harus menuju ke ruang panitia untuk membuka kunci tersebut.

Sistem pengamanan tersebut diharapkan mampu meminimalisir segala bentuk kecurangan yang dapat dilakukan oleh peserta didik selama menempuh ujian. Sehingga peserta didik terbiasa mengerjakan soal ujian dengan mandiri, jujur, dan bertanggungjawab dengan apa yang telah dikerjakan.

Leave a Reply