You are currently viewing Kemeriahan Kegiatan Pondok Ramadhan dan Peringatan Nuzulul Quran

Kemeriahan Kegiatan Pondok Ramadhan dan Peringatan Nuzulul Quran

Malang, 4 April 2023 – Selama 3 hari kedepan mulai tanggal 4 April sampai dengan 6 April, SMP Negeri 9 Malang mengadakan kegiatan pondok Ramadhan sekaligus peringatan Nuzulul Quran. Serangkaian kegiatan telah disiapkan oleh panitia untuk mengisi kegiatan Pondok Ramadhan dan juga untuk memperingati Nuzulul Quran. Seluruh kegiatan diikuti oleh peserta didik beragama Islam dan untuk peserta didik yang beragama non-Islam mengikuti serangkaian kegiatan dan doa yang diadakan di perpustakaan SMP Negeri 9 Malang dipimpin langsung oleh Ibu Oemi, S.Pd.

Kegiatan Pondok Ramadhan dilaksanakan pada tanggal 4 April sampai 5 April 2023 dengan diawali kegiatan sholat dhuha secara berjamaah di Masjid At-Tarbiyah SMP Negeri 9 Malang dan dilanjutkan dengan kegiatan pasar Waqi’ah dimana seluruh peserta didik membaca Surah Al-Waqi’ah secara bersama-sama. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi seputar bulan suci Ramadhan yang dilakukan di dalam kelas masing-masing. Bapak ibu guru yang ditunjuk sebagai pemateri masuk ke kelas-kelas untuk menyampaikan materi yang telah disediakan dan dibantu oleh beberapa perwakilan mahasiswa dari Universitas Negeri Malang dan beberapa mahasiswa pengurus ma’had Universitas Islam Malang.

Kemudian pada tanggal 6 April 2023, seluruh peserta didik dan bapak ibu guru serta karyawan mengikuti peringatan Nuzulul Quran yang diadakan di Masjid At-Tarbiyah SMP Negeri 9 Malang. Peringatan tersebut diawali dengan pembacaan sholawat yang dalam hal ini dilantunkan oleh peserta didik yang tergabung dalam ekstrakurikuler Banjari kemudian dilanjutkan dengan sambutan bapak Kepala Sekolah yakni Bapak Joni Sutaryono, S.Pd., M.MPd. Sebagai acara puncak, tausiah peringatan Nuzulul Quran disampaikan langsung oleh penghulu viral yakni Dr. KH. Anas Fauzie, S.Ag., M.Pd dengan tema “Menjadi Pelajar Milenial yang Bermutu dan Berkarakter, Semangat Ibadah, Serta Berakhlak Mulia”.

Leave a Reply