You are currently viewing Peringati Hari Gizi Nasional Dengan Makan Bersama

Peringati Hari Gizi Nasional Dengan Makan Bersama

Malang, 26 Januari 2023 – SMP Negeri 9 Malang memperingati hari gizi nasional yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2023 dengan cara mengadakan makan bersama para peserta didik mulai kelas 7 hingga 9 di lapangan sekolah. Para peserta didik dihimbau untuk membawa bekal sendiri dari rumah dengan memerhatikan kandungan gizi dari makanan yang mereka bawa. Hal yang paling diutamakan adalah makanan yang mengandung empat sehat lima sempurna. Maka dari itu, selain membawa makanan peserta didik juga dihimbau untuk membawa minuman berupa susu atau hanya kesedar air putih.

Tujuan dirayakannya HGN (Hari Gizi Nasional) adalah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat tentang pemenuhan gizi seimbang. Dengan begitu, bisa dicapai kualitas SDM yang lebih mumpuni. Selain itu, HGN juga menjadi pengingat agar terus menjaga pola hidup sehat dengan asupan makanan yang bergizi. Untuk tahun 2023 ini, tema yang diangkat Kemkes RI untuk Hari Gizi Nasional adalah “Protein Hewani Cegah Stunting”. Tema ini menjadi ajakan bagi masyarakat umum untuk mencegah stunting pada pertumbuhan anak.

HGN diselenggarakan untuk memperingati pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan oleh LMR pada tanggal 25 Januari 1951. Kemudian, pendidikan tenaga gizi terus mengalami perkembangan di banyak perguruan tinggi di Indonesia. Selanjutnya, pemerintah menetapkan tanggal 25 Januari sebagai Hari Gizi Nasional Indonesia. Lalu, HGN pertama kali diadakan oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada pertengahan tahun 1960-an, kemudian dilanjutkan oleh Direktorat Gizi Masyarakat sejak tahun 1970-an hingga sekarang.

This Post Has 2 Comments

  1. B Sari

    Belajar berdemokrasi…mengasah menghargai perbedaan…semangat belajar anak2…👍

    1. Satria Pratama

      terima kasih bu Sari

Leave a Reply