You are currently viewing Peserta Didik Kelas 9 Berjuang Menghadapi Ujian Praktik

Peserta Didik Kelas 9 Berjuang Menghadapi Ujian Praktik

Malang, 20 Februari 2023 – Sejak hari ini, Senin tanggal 20 Februari 2023 para peserta didik Kelas 9 SMP Negeri 9 Malang memulai perjuangannya untuk menghadapi salah satu penentu kelulusan mereka yakni Ujian Praktik. Para peserta didik tampak antusias dan bersemangat ketika sedang berhadapan dengan para penguji di setiap mata pelajarannya.

Beberapa mata pelajaran yang mengadakan ujian praktik telah ditentukan oleh bagian Kurikulum sekolah yakni mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam, Seni Budaya, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Bahasa Jawa.

Ujian Praktik sendiri merupakan kegiatan penilaian hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran tertentu yang lebih menekankan pada aspek psikomotor, kecakapan dan keterampilan. Para peserta didik diminta untuk mengasah keterampilan yang telah diperoleh selama mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas. Tentunya masing-masing pelajaran memiliki mata praktik yang berbeda bahkan ada beberapa mata pelajaran yang berkolaborasi untuk menyediakan ujian praktik.

Beberapa mata pelajaran yang berkolaborasi adalah Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam. Ujian praktiknya menuntut peserta didik untuk melakukan percobaan ilmiah untuk Ilmu Pengetahuan Alam dan menyusun laporan percobaan untuk nilai Bahasa Indonesia. Selain itu beberapa mata pelajaran lain mengadakan ujian secara individu per mata pelejaran seperti Teknologi Informasi dan Komunikasi yang menuntut peserta didik untuk membuat sebuah website bisnis yang nantinya akan dipresentasikan pada saat ujian berlangsung.

Harapannya, hasil yang dicapai oleh peserta didik kelas 9 dapat membantu mereka untuk menempuh jenjang berikutnya dan mendapatkan hasil yang maksimal. Pelaksanaan ujian praktik di SMP Negeri 9 Malang berlangsung sejak hari ini sampai hari Kamis tanggal 23 Februari 2023 dengan pembagian jadwal dan lokasi ujian yang telah ditentukan untuk masing-masing kelas.

Leave a Reply